Sabtu, 02 Februari 2013

Operating system(open source & close source

Operating system(open source & close source)

           A.     Open Source
            a.      Linux
            Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.
Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linux Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
           b.     Mono Framewok
Mono adalah sebuah proyek yang dipimpin Novell (dulunya oleh Ximian) untuk membuat suatu ECMA compliant standar sekumpulan peralatan – peralatan kompatibel .NET, meliputi salah satunya C# kompiler dan suatu Common Language Runtime. Mono dapat berjalan pada Linux, FreeBSD, UNIX, Mac OS X, Solaris dan komputer – komputer berbasis Windows.
Mono merupakan dual licensed oleh Novell, serupa dengan produk – produk lain seperti Qt dan Mozilla Application Suite. Kompiler C# Mono dan peralatannya dirilis dibawah GNU General Public License (GPL), pustaka – pustaka runtime dibawah GNU Lesser General Public License (LGPL) dan pustaka – pustaka kelas dibawah MIT License. Semua itu adalah free software dan open-source licenses dan oleh karenanya Mono adalah free dan software open-source.
        B.      Close Source
Close source adalah sistem operasi yang tidak dapat dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun (tidak gratis dan berlisensi). Contoh sistem operasinya adalah Windows dan Mac OS 
           Software dalam kategori ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa 
bagian :
  • Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft Windows.
  • Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic, ASP, Pascal.
  • Web Browser, contoh : Internet Explorer
  • Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop, CorelDraw
  • Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh : Microsoft Office
  • Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS .
  • Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee .
  • Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderman .
C.    Pengertian close source
Close source adalah kebalikan dari open source. Close source adalah suatu software yang kode sourcenya tidak dipublikasikan, contohnya adalah Microsoft Windows, (Bukan berarti closed source disini bahwa hanya Bill Gate saja yang tahu kode sumber dari OS Windows, dan hanya dia yang melakukan pengembangan sendirian sampai hari ini, namun kenapa masih dikatankan close soure? hal ini dikarenakan kode sourcenya tidak di publikasikan ke umum dan hanya diketahui oleh pegawai-pegawainya saja atau hanya kelompok tertentu saja yang tahu, yang dalam hal ini hanya pihak perusahaan Microsoft).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar